Kuliah Tamu UNUGIRI: Menanamkan Semangat Kewirausahaan kepada Mahasiswa

unugiri.ac.id – BOJONEGORO – Dalam menghadapi dinamika ekonomi global, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri (UNUGIRI) Bojonegoro kembali lagi untuk menggelar Webinar Kuliah Tamu dengan mengundang Muslihati, S.Ag., M.Pd, seorang akademisi yang mampu memberikan kontribusi berharga dalam menanamkan pemahaman tentang kewirausahaan kepada mahasiswa. Seperti biasa, agenda webinar rutin ini diselenggarakan secara virtual melalui zoom meeting UNUGIRI pada Senin (21/3/22).

Adapun rangkaian kegiatan kuliah tamu ini diawali pembukaan dengan pengenalan tujuan dan manfaat dari kegiatan, sambutan oleh panitia penyelenggara, dilanjut dengan perkenalan dan profil singkat oleh Muslihati, S.Ag., M.Pd. Selanjutnya, kegiatan inti yakni presentasi yang disampaikan oleh pembicara yang disusul dengan sesi diskusi, sesi tanya jawab, penutup, dan yang terakhir yakni sesi foto bersama.

Dengan mengusung mata kuliah yang berjudul “Kewirausahaan”, webinar ini memiliki tujuan yaitu mendorong semangat kewirausahaan, mengenal praktik – praktik terbaik dalam kewirausahaan, memahami tantangan dan peluang dalam kewirausahaan dengan mengaitkan nilai keagamaan dan kewirausahaan.

Dalam paparan presentasinya, Muslihati memberikan wawasan dan pengetahuan lebih lanjut kepada mahasiswa mengenai aspek-aspek kewirausahaan. Sebagai bagian integral dari program pendidikan tinggi, pengembangan keterampilan kewirausahaan menjadi semakin krusial dalam menghadapi dinamika ekonomi global.

Materi yang disampaikan oleh Muslihati, dinilai sangat relevan dengan kebutuhan mahasiswa. Isu-isu aktual dan tren terkini dalam dunia kewirausahaan turut dibahas dengan mendalam. Gaya penyampaian yang ramah dan sederhana membuat materi lebih mudah dipahami, sehingga ia dinilai mampu menciptakan suasana yang kondusif untuk belajar.

Tampak antusiasme mahasiswa UNUGIRI terhadap kegiatan kuliah tamu ini sangat tinggi. Partisipasi aktif dalam sesi tanya jawab dan diskusi menunjukkan minat yang kuat terhadap topik kewirausahaan. Melalui diskusi interaktif, mahasiswa dapat lebih memahami tantangan dan peluang dalam dunia kewirausahaan. Ini memberikan perspektif realistis kepada mereka tentang apa yang dihadapi di dunia bisnis sebenarnya.

Sementara itu, Khoirul Wafa, M.Pd mengungkapkan rasa terima kasih kepada Muslihati, S.Ag., M.Pd atas kontribusinya yang berharga dalam menyajikan materi yang mendalam dan merangsang diskusi yang bermakna. “Evaluasi positif terhadap keterlibatan Muslihati, relevansi materi, dan peningkatan keterampilan soft skills menunjukkan bahwa kegiatan kuliah tamu ini mencapai tujuan yang diinginkan.” beber Mr. Wafa, sapaan akrab dosen PBI ini.

Menurut Iin, dari paparan Muslihati, mahasiswa tidak hanya memperoleh wawasan mendalam tentang aspek konseptual kewirausahaan, tetapi juga menggali keterkaitan yang signifikan antara nilai-nilai keagamaan dan etika bisnis.

“Semoga kegiatan serupa dapat terus diadakan guna terus memperkaya pengalaman belajar mahasiswa di bidang kewirausahaan. Kesuksesan kegiatan ini menjadi cerminan komitmen Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegroro dalam menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dan relevan dengan tuntutan zaman” pungkas Mr. Wafa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *