Exploring the Art of Speaking for Formal Settings: Insights from Tuti Alawiyah Sholihah (Kak Osa) at UNUGIRI

Unugiri.ac.id – BOJONEGORO – Kembangkan jaringan professional, Program studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri (UNUGIRI) Bojonegoro mengundang Kak Osa, seorang presenter profesional berpengalaman dalam industri penyiaran, khususnya di JTV Bojonegoro sebagai pembicara tamu dalam mata kuliah “Speaking For Formal Setting”. Agenda kuliah tamu ini diselenggarakan di Auditorium Hasyim Asyari UNUGIRI pada kamis (31/3/22).

Agenda rutin yang diikuti oleh mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNUGIRI ini memiliki rangkaian kegiatan yang diawali pembukaan dengan pengenalan tujuan dan manfaat dari kegiatan, sambutan oleh panitia penyelenggara, dilanjut dengan perkenalan dan profil singkat oleh Kak Osa. Selanjutnya, kegiatan inti yakni presentasi yang disampaikan oleh pembicara yang disusul dengan sesi diskusi, sesi tanya jawab, penutup, dan yang terakhir yakni sesi foto bersama.

Tujuan dari kegiatan kuliah tamu ini adalah memberikan mahasiswa wawasan yang mendalam tentang pentingnya kemampuan berbicara secara formal, memahami nuansa dan aturan dalam konteks ini, serta memberikan tips praktis dan strategi untuk meningkatkan keterampilan berbicara mereka. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat membuka peluang untuk menjalin jaringan dengan profesional di industri penyiaran, memberikan wawasan tentang peluang karir, dan memberikan inspirasi bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri mereka dalam konteks profesional.

Dalam paparan presentasinya, Kak Osa dinilai mampu meningkatkan pemahaman mereka tentang nuansa dan aturan dalam berbicara di situasi formal, sehingga para mahasiswa UNUGIRI mampu mengidentifikasi norma-norma komunikasi yang berlaku dalam konteks formal dan memahami pentingnya kepatuhan terhadap norma trsebut. Selain itu, mahasiswa juga dapat mengaplikasikan tips praktis dan strategi yang diberikan oleh Kak Osa untuk meningkatkan keterampilan berbicara mereka.

Nyatanya, kegiatan ini berhasil memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk berinteraksi dan berkomunikasi langsung dengan Osa Adnan (nama panggung Tuti Alawiyah Sholihah). Mahasiswa UNUGIRI dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk membangun jaringan profesional yang mungkin berguna untuk karir mereka di masa depan.

Tampak mahasiswa UNUGIRI terlibat aktif dalam kegiatan ini, berpartisipasi dalam diskusi dan sesi tanya jawab, hal ini mempengaruhi tingkat partisipasi yang tinggi mencerminkan minat mahasiswa dalam topik tersebut dan antusiasme mereka terhadap kegiatan kuliah tamu. Kegiatan ini memberikan inspirasi dan motivasi kepada mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan berbicara mereka.

Cerita inspiratif Osa Adnan membantu mahasiswa melihat tentang hal berbicara di depan umum sebagai keterampilan yang dapat terus ditingkatkan. Dengan hal ini mahasiswa UNUGIRI menjadi lebih sadar akan berbagai peluang karir di bidang berbicara formal, terutama di industri penyiaran. Mereka dapat mempertimbangkan opsi karir yang mungkin mereka geluti setelah mendengar pengalaman Osa Adnan.

Sementara itu, Iin Widya Lestari selaku Dosen sekaligus Kepala Prodi Pendidikan Bahasa Inggris mengucapkan terima kasih kepada Tuti Alawiyah Sholihah atas kontribusinya yang berharga, kepada mahasiswa yang telah berpartisipasi aktif, serta kepada semua pihak yang telah mendukung keberhasilan kegiatan ini. Umpan balik dari mahasiswa menunjukkan bahwa mereka merasa terinspirasi dan mendapat manfaat dari kegiatan ini.

Iin menambahkan, beberapa mahasiswa menyatakan bahwa kegiatan ini membantu mereka merasa lebih percaya diri dalam berbicara di depan umum. Kolaborasi antara Tuti Alawiyah Sholihah dan dosen mata kuliah juga berjalan dengan baik. Kedua belah pihak berhasil menciptakan lingkungan yang mendukung pembelajaran mahasiswa UNUGIRI.

“Semoga kegiatan serupa dapat terus dilakukan untuk mendukung pengembangan kompetensi mahasiswa di masa depan.” harap Iin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *