Terobosan Baru : UNUGIRI Gelar English Language Teacher Training dengan Narasumber Ahli untuk Inovasi Pendidikan

unugiri.ac.id – BOJONEGORO –  Kembangkan Keterampilan dan Profesionalisme Tenaga Didik, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri (UNUGIRI) Bojonegoro melalui Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan  menyelenggarakan English Language Teacher Training atau Pelatihan Pengembangan Diri kepada seluruh Dosen dan Staff universitas. Dengan mengusung  tema yang bertajuk “Innovation English Language Teaching” , agenda ini menghadirkan dua narasumber professional yakni Priyo Martono CT, CPS dan Jepri Ali Saiful, Ph.D pada Sabtu, (23/9/23).

Demi meningkatkan  kualitas pendidikan dan pelayanan dalam bidang pendidikan, Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengembangkan sumber daya manusia dan meningkatkan kompetensi secara konseptual dan teknikal agar mampu bersaing di era globalisasi, karena di era globalisasi ini, kemahiran mengajar dalam bahasa Inggris bagi dosen perguruan tinggi sudah menjadi kebutuhan penting.  Sehingga pelatihan ini memiliki dampak langsung bagi peningkatan kapasitas dosen beserta staff dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.

Tampak hadir pada agenda Pelatihan ini, Rektor K. M. Jauharul Ma’arif M.Pd.I beserta Kepala Bidang Kerjasama Dalam Negeri, Sahri, M.Pd.I. juga para Dosen dan Staff UNUGIRI beserta beberapa mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Rangkaian kegiatan pelatihan ini diawali dengan pembukaan dan sambutan oleh panitia penyelenggara, dilanjut dengan perkenalan dan profil singkat oleh Priyo Martono CT, CPS & Jepri Ali Saiful, Ph.D. Selanjutnya, kegiatan inti yakni presentasi yang disampaikan oleh kedua pembicara yang disusul dengan sesi diskusi, sesi tanya jawab, penutup, dan yang terakhir yakni sesi foto bersama.

K. M. Jauharul Ma’arif M.Pd.I selaku Rektor UNUGIRI, mengucapkan selamat datang kepada kedua narasumber dan peserta yang hadir dalam kegiatan pelatihan ini. Jauharul juga menyampaikan bahwa tema kegiatan pelatihan kali ini sangatlah luar biasa yakni dengan dua tema pembahasan, yang pertama adalah “Teacher Profesionalism” yang telah disampaikan oleh Priyo Martono CT, CPS lalu tema materi kedua adalah “Eco-ELT Practices in Classroom” yang telah disampaikan oleh Jepri Ali Saiful, Ph.D . Kedua tema ini, menurut Jauharul sangatlah penting untuk menunjang  profesionalisme di dunia pendidikan terutama dalam taraf universitas.

“Kami berharap melalui pelatihan ini, para dosen dan staff UNUGIRI dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru yang dapat meningkatkan kualitas pengajaran bahasa Inggris di lingkungan universitas,” papar Jauharul.

Narasumber pertama, Coach Priyo, Sapaan akrab Priyo martono CT, CPS , merupakan Founder Kampung Tumo, Bojonegoro. Coach Priyo terkenal karena gaya mengajar yang unik dan inspiratif dalam mengajarkan keterampilan seperti public speaking. Ia juga terlibat dalam acara pemilihan duta wisata kabupaten Bojonegoro. Coach Priyo terus berinovasi dan mengikuti pelatihan standar internasional untuk meningkatkan kualitas Kampung Tumo.

Sementara itu, narasumber kedua Jepri Ali Saiful, Ph.D merupakan seorang dosen dan peneliti di bidang pendidikan bahasa Inggris. Saat ini ia menjabat sebagai asisten profesor di Departemen Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia. Selain memiliki minat penelitian dalam bidang Eco-ELT (English Language Teaching) dan kognisi guru Bahasa, Jepri Ali Saiful juga aktif sebagai reviewer profesional di jurnal-jurnal yang terindeks di SSCI dan SCOPUS.

English Language Teacher Training dengan tema “Innovation English Language Training” ini merupakan langkah UNUGIRI untuk terus meningkatkan mutu pendidikan dan pengajaran bahasa Inggris. Dengan adanya inovasi dan pembaruan dalam pengajaran, diharapkan para mahasiswa UNUGIRI dapat mengembangkan kemampuan bahasa Inggris mereka dengan lebih baik.

Kontributor : Marwah Qurrota A.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *